Sunday 21 June 2009

Chew, chew, chew.....

Sadar gak kadang kita suka ngelakuin hal2 yang sebenernya itu gak jelas esensinya?
Gw sering mempertanyakan hal2 berikut:

1. Knapa sampe jadi mahasiswa kita tetap harus belajar yang namanya PPKn / PMP/ Kewiraan/ Kewarganegaraan atau sejenisnya? Apa sih alasan utamanya? Toh itu tetep gak mempengaruhi tindakan orang apakah sesuai sama pancasila atau nggak..

2. Imam sholat jumat/ maghrib/ apapun. Pokoknya yang kalo sholat jamaah bacaannya mesti kenceng ( Gak boleh dalam hati imamnya). Kebanyakan membaca surat2 yang panjang dan gak biasa. Misalkan gini,, sholat jumat gak mungkin ada imam baca surat al-ikhlas dan an-nas Pada percaya gak sih kalo tuh imam sholat sendiri bakalan baca surat2 panjang itu?? Apaa yaa tujuannya? Mungkin gak sih dia cuma (maaf) pamer?
Jujur,, gw bukannya males ngikutin imam kalo bacaannya panjang, gw cuma mempertanyakan ini.
3. Orang tua sering nyuruh dan marah ke anaknya tanpa alasan yang jelas. Dalam artian cuma pelampiasan emosi urusan kantor. Case, waktu kecil anak disuruh belajar mati2an. Les sana les sini. Kalo mau ujian sgala video game diumpetin. Komputer dimatiin. Dan gak ada sms/ telfon/ kontek sama teman2nya..
Buat apa sih sebenernya?
OK! Orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anak2nya. Tapi meskipun anak udah usaha mati2an kalo seandainya rapot tu anak jelek dimarahin? Di sini, gw jadi mempertanyakan tujuan orang tua nyuruh anaknya blajar. Apa bener2 tulus demi kebaikan anaknya? Atau supaya kalo ditanya dia bisa membanggakan anaknya yang kuliah di UI, ITB, UGM. Rangking 1 dari sd sampe sma. gitu? Pada akhirnya, hasil dari sebuah tindakan bakalan meleset jauh dari esensi tindakan itu sendiri.
4. Gw suka bgt orang yang punya pandangan berbeda dari yang lain. Bukan cuma orang yang ikut2an. Bukan orang yang cuma jadi buntut. Bukan orang yang cuma bisa ngangguk kalo ada dialog. Dari dulu kita disuruh nuntut ilmu setinggi langit. Kita diperintahkan agama untuk mencari ilmu sampai ke liang kubur. Kenapa kita gak pernah diperintahin buat menciptakan ilmu baru? Ok. Katakanlah ilmu itu datengnya dari tuhan. Tapi knapa jarang banget orang yang mencari sendiri ilmu lain dari yang udah ada sebelumnya. Buat mikirin filosofi baru yang lebih sarat makna daripada sekedar logaritma atau akuntansi biaya? Hidup ini luas bung. Hidup ini gak se-sempit sendal jepit balita yang gak akan bisa lo pake lagi. Seiring berjalannya waktu, lo harus beli sendal baru yang tentu dengan model baru dan harga yang baru pula..!
5. Kalo ada orang yang berpikiran hidup ini gak fair. Gw setuju!! Tapi kalo ada orang yang sampe terus2an mikirin dan mencari keadilan gw BENAR2 GAK SETUJU. Perhatiin deh. Tangan kanan lo kalo bisa ngomong mungkin bakal protes sama diri lo sendiri. Karena dia diperlakukan gak adil sama tangan kiri lo. Dia lebih banyak dipake. Dia lebih sering pegel. Sedangkan tangan kiri lo lebih sering nganggur. Paling banter dipake waktu lo di wc. Sesudahnya? None! Ya allah..
Kalo lo merasa diperlakukan sebagai korban, dan terus2an lemah karena itu,, lo pikirin hal ini deh. Pasti lo bakalan malu sama diri sendiri...... Dan keadilan yang benar2 nyata cuma ada di akhirat. Sisanya, keadilan itu nihil..

Nah, dari case2 di atas gw harap lo bisa terbantu dan lebih menghargai setiap inti dan esensi tindakan lo. Pesen gw sih,, kalo lo gak tau esensi dari apapun yang lagi lo lakuin, lo gak akan pernah menghargai waktu dan mensyukuri apapun yang udah lo dapetin sampe saat ini..
Cerna deh!

notes : Special hanks to Mrs.D.J Sulichah, this quotation (Marked as Title) makes my world wider, happier, and influencing me to create something out of nothing...

5 comments:

  1. Kalo lo merasa diperlakukan sebagai korban, dan terus2an lemah karena itu,, lo pikirin hal ini deh. Pasti lo bakalan malu sama diri sendiri...... <---- inspired by our sharing ye? hahaha
    yaah dil klo menurut gua sih hidup itu moderately fair lah.
    ex: tangan kiri dan tangan kanan yang lo contohin, itu malah nunjukin klo life is fair loh dil, klo tangan kiri bisa dipake buat makan nulis or anything, terus kita cebok pake tangan apa? menurut gua keadilan itu keseimbangan dil, itu dia kenapa gua bilang life is fair enough than considered as an unfairly life
    ya sometimes kita emang mikir klo banyak orang yang lebih dari kita, tapi emang tuh orang punya apa yang kita punya? for example: friends, ya mungkin tuh orang punya temen, tapi apa dia ngerasain kebahagiaan kita waktu kita main sama temen temen kita? tuh orang bisa ketawa kaya kita? blom tentu kan dil?
    nah makanya gue ga setuju klo lo bilang hidup itu ga adil, yang diatas tuh udah ngatur hidup lo biar semua orang hidup dalam harmoni, atau yang gua sebut keadilan.. *buset ini panjang amat yak kaya gua bikin blog sendiri, gua masukin blog gua dah hahaha*

    ReplyDelete
  2. Sebenernya point gw gak disitu... Yang masalah keadilan, justru gw gak pernah berpikir kalo hidup ini gak adil pet.. Justru gw selalu mensyukuri setiap detik yang gw laluin...
    Gw nulis ini atas pengamatan gw ke orang2 yang suka mengeluh,, hidup ini gak adil.. Ke orang2 yang suka demo2 gak jelas nuntut keadilan.

    Nah kalo masalah tangan itu lo bener. Dari fungsi emang semuanya udah seimbang. Tapi coba deh kalo dari persentase penggunaannya. Kan lebih banyak tangan kanan daripada tangan kiri?
    Hehehe. Ini bukan ngeles lho. Tapi pointnya yang gw maksud di situu.

    ReplyDelete
  3. hahaha lagian lo nulis gini sih : "Kalo ada orang yang berpikiran hidup ini gak fair. Gw setuju!!"
    eh komen gua yang tadi gua tulis, gua tulis juga dah di blog gua hahaha

    ReplyDelete
  4. tuk pertanyaan no. 3 mungkin gw bisa jawab dil...
    ada matkul namanya teori komunikasi dil. komunikasi itu kan erat kaitannya dengan hubungan org dengan lingkungan. dijelaskan bahwa org mempertahankan hubungan tuh masih kyk org dagang dil, memperhitungkan untung rugi-nya.
    tapi gak cuma itu dil, perhitungan org juga ada prioritasnya...

    contoh : mungkin loe gak bakal temenan deket dengan org yg tukang tikung cewe (termasuk cewe loe) walaupun tuh org suka jajanin loe. di sini loe lbih memprioritaskan cewe loe, karena klo kehilangan dia bakal rugi besar ketimbang gak temenan dengan org ntu...

    sama aja kyk org tua dil...
    di suruh belajar, gapai cita2 tinggi...
    org tua pasti seneng liat loe sukses, ya mungkin bisa juga sih sekalian pamer 'dikit' tergantung prioritasnya.
    tapi ada kemungkinan juga org tua loe biayain loe = nanem saham. gak mo kan rugi, udah di sekolahin tapi sia2 (minimal gak sia2 maksimal kecipratan tajir)...

    mungkin ini jawabannya...

    ReplyDelete
  5. Betul moo. Prinsip orang menjalin hubungan kan benefit. Suka gak suka dan mau gak mau pasti ada keuntungan buat orang lain ketika memutuskan bakal jadi temen orang ybs..

    Di pertanyaan nomer tiga, gw menekankan bahwa banyak orang tua yang memprioritaskan untuk nyekolahin anaknya di tempat yang bagus supaya dia bisa dapet status sosial yang baik di masyarakat. Alhamdulillah bonyok gw sih gak gitu..

    Dan overall,, tulisan ini skaligus buat ngingetin pembaca, supaya mereka mengerti tujuan utama dari perbuatan meerekaaa.. Hehehe

    ReplyDelete